Bahan Herbal

Mengobati Asam Lambung Herbal

Mengobati Asam Lambung Herbal. Asam lambung lagi lagi menjadi salah satu penyakit yang bermasalah bagi kita. Seringkali penyakit ini tidak bisa terdeteksi bagaimana asal mulanya. Akan tetapi asam lambung selalu menjadi akibat dari sebuah sebab. Kita juga perlu mengenali gejala-gejala yang di timbulkan akibat penyakit asam lambung.

Selain dari faktor eksternal, baik itu makanan yang masuk ke dalam tubuh, pola hidup yang kurang sehat, tetapi faktor internal juga bisa loh sobat. Stress juga bisa berpengaruh terhadap peningkatan asam lambung yang merupakan faktor internal.

Pernah alami asam lambung?

Tentu bagi orang-orang yang mengalami asam lambung mempunyai perasaan yang kurang nyaman dan khawatir saat kadar asam lambung naik. Mungkin bagi temen-temen yang merasakan asam lambung mempunyai efek panas yang luar biasa. Selain panas juga tenggorokan akan terasa gatal, kembung, dan bisa jadi ada perasaan nyeri pada bagian ulu hati.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada dan Punggung

Cara Mengobati Asam Lambung Herbal

Asam Lambung Herbal

Pada umumnya biasanya orang yang mempunyai asam lambung ada 2 tipe. Ada yang menyepelekan karena menganggap penyakit asam lambung itu adalah penyakit yang biasa. Tetapi ada juga yang khawatir sehingga segera berobat ke dokter dan klinik terdekat. Kita perlu waspada loh sobat tentang penyakit asam lambung ini agar tidak terjadi komplikasi.

Saat ini tidak jarang orang lebih memilih bahan-bahan herbal yang jauh dari efek samping. Maklum saja bagi sebagian orang yang tidak suka obat kimia akan lebih memilih mengkonsumsi obat herbal. Lalu sebenernya apa saja sih bahan herbal yang dapat membantu dalam mengobati asam lambung?. Simak penjelasannya berikut ini…

1. Mengobati Asam Lambung Herbal dengan Kunyit

Kunyit

Berbicara mengenai kunyit tentu erat sekali hubungannya dengan antioksidannya. Kunyit merupakan rempah alami asli Indonesia yang mampu meredakan asam lambung. Bagi ibu rumah tangga tentu tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini.

Jika meurujuk pada kesehatan secara kedokteran di ketahui bahwa kunyit merupakan bahan herbal yang mempunyai kurkumin. Kurkumin merupakan senyawa yang memberikan warna kuning dari kunyit. Nahh, warna kuning inilah yang nantinya akan berperan sebagai benteng pertahanan bagi lambung. Sehingga kunyit mempunyai fungsi sebagai anti radang, terus bisa untuk antioksidan, antikanker dan anti bakteri.

2. Air Lemon

Air Lemon

Perlu kita ketahui bersama bahwasannya ketika Refluks asam yang terjadi itu berarti proses naiknya asam dari perut ke kerongkongan. Sehingga dengan naiknya asam ke kerongongan juga akan menyebabkan iritasi dan peradangan pada tenggorokan. Nah proses inilah yang biasanya yang menyebabkan rasa seperti terbakar dan panas.

Lalu kenapa lemon masuk ke dalam list bahan herbal yang bisa menyebuhkan asam lambung. Menurut Heatline bahwa untuk mengurangi gejala asam lambung perlu campuran tambahan supaya lebih maksimal. Ada beberapa pandangan mengenai lemon apakah membantu dalam meredakan penyakit asam lambung. Sebenarnya jika meninjau dari sisi kelebihan yang ada pada air lemon adalah bisa membantu meredakan refluks asam yang terjadi di kerongkongan.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 tentang Effect on Blood Pressure of Daily Lemon Ingestion and Walking menemukan bukti tentang manfaat dari lemon. Lemon merupakan buah yang bisa menurunkan berat badan, selain itu lemon juga terkenal dengan asam askrobat. Nahh hal ini merupakan antioksidan yang kuat sehingga mampu membantu dalam mengatasi masalah asam lambung.

3. Cara Mengobati Asam Lambung dengan Air Kelapa

Air Kelapa Asam Lambung

Air kelapa bagi sebagian orang menjadi minuman yang terfavorit karena rasa yang enak dan juga menyegarkan. Terlepas dari itu semua, ternyata air kelapa mampu meredakan penyakit asam lambung loh sobat. Penasaran bagaimana cara kerjanya kenapa air kelapa bisa membantu meredakan penyakit asam lambung?.

Menurut Dr. Rizal Fadli menyebutkan bahwasannya air kelapa mempunyai cairan alami yang dalam bahasa kedokteran bernama alkali. Nah cairan alkali ini dapat membantu dalam membantu meredakan rasa asam yang ada di perut. Selain mampu membantu meredakan asam, air kelapa juga dapat membantu dalam menjaga ketahanan PH. tubuh supaya tidak terlalu asam.

Baca Juga: Mengatasi Asam Lambung Pada Anak

4. Cara Mengobati Asam Lambung dengan Jahe Merah

Siapa yang tidak kenal jahe cung? hehe. Pasti kenal dong, tepat sekali jahe merupakan bahan rempah yang biasanya di minum untuk menghangatkan tubuh. Buat ibu-ibu tentu tidak asing juga dengan jahe bahkan di jadikan sebagai bahan utama dalam memasak masakan tertentu. Sebenarnya jahe sudah lama sekali di gunakan oleh masyarakat China sebagai pengobatan alami karena khasiatnya. Jahe memang terkenal dengan salah satu rempah-rempah yang kaya sekali dengan kandungan atau senyawa antikosidan.

Senyawa yang terdapat pada jahe merah khususnya dapat membantu sebagai pereda pada iritasi lambung dan juga mampu melancarkan sistim pencernaan. Senyawa tersebut adalah fenolat, maka potensi yang sangat besar bahwa jahe dapat menghambat asam lambung yang akan naik dari perut ke kerongkongan.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya Freshmag

Lidah buaya sering kita jumpai sebagai bahan untuk menebalkan rambut atau bahan yang di gunakan sebagai produk kecantikan. Tapi siapa salah, bahwa lidah buaya mempunyai khasiat untuk yang mempunyai asam lambung. Lidah buaya mampu meredakan bagian iritasi pada lambung dan usus loh sobat. Selain itu juga bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga sirkulasinya tidak tersendat.

Ternyata ada tips nih bagaimana mengolah lidah buaya agar bisa meredakan iritasi di bagian lambung. Cara membuatnya mudah sekali loh cukup hanya mempersiapkan lidah buaya satu batang atau satu buah saja. Tapi harus ada tambahan madunya yaa sob agar terasa manis dengan menambahkan dua sendok makan. Setelah semua di siapkan, untuk menambung lidah buaya dan madu siapkan air satu mangkok saja sebagai pelarut. Kupas lidah buaya hingga kecil-kecil, lalu masukan ke mesin blender, setelah itu tambahkan madu dan jus lidah buaya siap untuk di minum.

6. Mentimun

Mentimun adalah buah yang kaya akan vitamin C dan B. Ada yang menarik pada mentimun ini loh yaitu pada mentimun mengandung karoten, senyawa isoquercitrin, senyawa saponin, senyawa cucurbaticin, asam amino, senyawa fosfor, kalisum, dan enzim pencernaan. Bagaimana cara agar mentimun dapat membantu melancarkan dan membantu mengatasi asam lambung. Caranya gampang banget loh cukup mengkonsumsi buah mentimun 1 sampai 2 saja dengan membuang bijinya.

7. Pepaya

Pepaya adalah buah yang asli dari Indonesia bahkan pepaya dijadikan sebagai buah yang favorit di kalangan masyarakat umum. Tapi jangan salah di samping rasanya yang enak dan menyegarkan ketika di makan. Pepaya mengandung senyawa antioksidan yang mampu meredakan asam lambung. Selain mempunyai senyawa antioksidan, pepaya juga mempunyai enzim yang terkenal dengan sebutan papain yang bisa meredakan jika kita terkena asam lambung. Jika menjaga pola makan dengan memakan pepaya dengan aturan tertentu bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

8. Madu

Madu Freshmag

Madu menjadi bahan yang tidak terlepas untuk mengatasi asam lambung. Selain itu juga, madu kaya dengan antioksidan yang bisa meredakan dan menyembuhkan penyakit asam lambung. Madu hampir di jadikan sebagai bahan campuran karena madu dapat membantu dalam menghalangi asam yang naik ke kerongongan. Obat herbal yang sudah terpercaya dalam mengatasi lambung adalah Madu Freshmag. Madu freshmag terbuat dari campuran kunyit dan madu hutan sehingga akan mempercepat dalam mengatasi asam lambung.

Begitu sobat semuanya, demikian penjelasan mengenai cara mengobati asam lambung herbal. Semua yang alami mempunyai dampak yang baik tergantung porsi dan kegunaannya. Lebih dari itu, semoga informasi in bermanfaat, salam sehat buat semuanya.

Posted by
Habibullah

SEO Expert (4+ years) • Digital Marketing Startup (now) • Manage 5 sites with 100 K+ total page views (now) • Business inquiries: https://linktr.ee/habibullahaf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *